Did You Know ? #3



Did You Know ?
Oxford University di Inggris didirikan akibat pertengkaran antara seorang raja dan seorang pemimpin keagamaan. Raja Henry II (1133-1189), berseteru dengan Uskup Agung Thomas Becket (1118-1170). Perseteruan itu meluas ketika Raja Perancis ternyata ikut campur dengan mendukung Uskup Becket.

Untuk menghindari meluasnya pengaruh Perancis, Raja Henry II memerintahkan agar seluruh mahasiswa Inggris dari Universitas Paris dipanggil pulang ke Inggris. Kebanyakan dari mahasiswa yang dipanggil pulang bermukim di kota Oxford. Untuk melanjutkan pendidikan mereka didirikanlah sebuah Unversitas yang kita kenal dengan Oxford University.



Did You Know ?
Gladiator bukan hanya menjadi tontonan, namun juga dapat menjadi jenjang karir. Ini dibuktikan oleh Commondus Lucius Aelius Aurelius (161-192 Masehi)

Bermula dari seorang Gladiator, ia merintis karir dan akhirnya sukses menjadi kaisar Romawi. Riwayat karirnya meliputi 1.031 pertandingan. Setelah menjadi kaisar pun ia masih tetap bertarung di arena. Karir politik dan olahraga nya berakhir sekaligus, ketika dalam suatu pertandingan seorang Gladiator bernama Narcissus mencekiknya hingga tewas.



Did You Know ?
Thomas Farnham, seorang pengelana Amerika, menuliskan bahwa saat mendekati kota Santa Fe di tahun 1839 ia menyaksikan kawanan bison yang bergerak tak habis-habisnya selama tiga hari tiga malam. Diperkirakan kawanan bison ini terdiri dari 1 juta ekor bison yang bergerak bersamaan dalam kerumunan seluas 1.350 mil persegi. Luas yang setara dengan satu negara bagian Rhode Island.

Sangat mengherankan bahwa kurang dari seabad berikutnya, bison hampir saja punah dari daratan Amerika.

Did You Know ?
Istilah "hooker" dalam konotasi pelacur atau wanita penghibur, ternyata berasal dari para prajurit Amerika.

Saat perang sipil, dikenal seorang Jenderal dari pihak Union(utara) yang bernama Joseph Hooke. Jenderal ini sering membawa wanita-wanita penghibur untuk menemaninya di kota New Orleans sepanjang masa perang sipil. Oleh anak buahnya, wanita-wanita ini diberi nama "Hooker Division".

Lama kelamaan kata "Division" menghilang, dan akhirnya wanita-wanita dengan profesi seperti demikian mendapat sebutan "hooker" hingga sekarang.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 Jak geger is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger